ettoregreco.com

Biaya Renovasi Atap Rumah Berdasarkan Materialnya

Biaya Renovasi Atap Rumah Berdasarkan Materialnya

Ketika musim panas sudah tiba, maka pekerjaan paling banyak dilakukan adalah pembangunan dan renovasi rumah. Salah satunya pada bagian atap, agar tidak melebihi estimasi biaya renovasi atap rumah maka kenali jenis-jenis material dan harganya.

Kenali Jenis Material untuk Biaya Renovasi Atap Rumah

Salah satu pertimbangan dalam melakukan renovasi adalah pemilihan material atap yang bisa bertahan walaupun dalam kondisi musim hujan deras serta bertahan dalam kondisi cuaca apapun. Ada beberapa item yang harus dibeli ketika melakukan renovasi atap baik dalam skala kecil maupun besar.

  1. Genteng

Komponen pertama yang harus dibeli tentunya adalah genteng. Bagian ini menjadi faktor paling berpengaruh dalam menentukan estimasi biaya atau budgeting. Anda bisa mencari genteng dengan kualitas baik namun masih dengan rate harga standar. Biasanya tanah liat menjadi pilihan utamanya.

Selain itu ada berbagai jenis lain yang digunakan, yakni beton. Keduanya memiliki ketahanan cukup tinggi dan kisaran harga cukup murah jika dibandingkan dengan genteng lain berkualitas sama. Harga per bijinya adalah 2.500.

  1. Rangka

Bagian berikutnya yang harus ada adalah rangka dalam rumah. Biaya renovasinya cukup tinggi dan memakan waktu tidak sebentar. Anda bisa menggunakan jasa tukang maupun pemborong untuk mendapatkan hasil akhir sesuai dengan keinginan.

Untuk rumah minimalis biasanya lebih banyak menggunakan rangka dari baja ringan. Agar lebih awet biasanya banyak orang menggunakan cat pelapis anti rayap atau jamur. Namun sayangnya harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Bahkan bisa mencapai 140 ribu / meternya.

  1. Atap Asbes

Anda yang ingin renovasi rumah namun uangnya masih terbatas bisa coba pakai atap asbes saja. Per lembar biasanya dijual dengan harga 53 ribu. Ukuran per lembar adalah 180 cm x 105 cm. Biaya perawatannya juga cukup murah dan tidak terlalu banyak resiko.

Selain terjangkau kedua bahan tadi cocok jika dipadukan dengan konsep rumah apapun (baik minimalis ataupun modern). Namun, spesifikasi penggunaan setiap konsep rumah juga berbeda-beda.

Biaya renovasi atap rumah bisa dikendalikan jika Anda punya skala prioritas dan menentukan dengan tepat setiap material yang akan digunakan. Jadi jangan terburu-buru agar hasil lebih maksimal.