Kenali Tiga Jenis Disinfeksi pada Jasa Semprot Disinfektan

Upaya disinfeksi memang tidak bisa dilakukan asal dan sembarangan. Bukan hanya memperhatikan penggunaan bahan kimianya, Anda juga harus mempertimbangkan barang apa yang akan disemprot. Hal ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi jasa semprot disinfektan saat melakukan penyemprotan.

3 Jenis Disinfeksi yang Umum Diaplikasikan oleh Jasa Semprot Disinfektan

Perlu digaris bawahi apabila langkah disinfeksi ini hanya bisa dilakukan pada permukaan benda mati. Jadi jangan sekali-kali langsung menyemprotkan cairan disinfektan ke makhluk hidup yang nantinya akan terkena kulit manusia. Berikut adalah ketiga jenisnya:

1. Disinfeksi Permukaan
Disinfeksi permukaan ini merupakan proses penyemprotan yang akan dilakukan di atas benda datar seperti dinding, kursi, meja, almari dan perabotan rumah tangga pada umumnya. Biasanya juga diaplikasikan di barang-barang dengan intensitas sentuhan tangan paling tinggi.
Barang tersebut antara lain seperti pegangan tangga, gagang pintu, peralatan dapur, ponsel dan lainnya. Proses disinfeksi ini pun harus menyeluruh dilakukan pada ventilasi buatan misalnya AC sentral.

2. Disinfeksi Pakaian
Lain halnya dengan disinfeksi pada pakaian atau barang yang berbahan tekstil. Umumnya caranya pun berbeda daripada poin sebelumnya. Anda bisa menggunakan cairan pencuci baju khusus atau bahkan mencucinya memakai air hangat.

Tidak hanya pakaian namun barang lain seperti handuk, keset, topi dan lainnya juga termasuk ke dalam jenis ini. Selama proses disinfeksi dilakukan, dihimbau untuk jangan meletakkannya di sembarang tempat karena bisa meningkatkan resiko perkembangbiakan virus secara cepat.

3. Disinfeksi Udara
Disinfeksi udara ini sama halnya seperti penyemprotan secara langsung dalam ruangan. Proses ini dilakukan pada ruang dengan indikasi tinggi memiliki kemungkinan tumbuhnya mikroorganisme khususnya virus patogen.
Anda bisa melakukannya sendiri atau menggunakan jasa semprot disinfektan. Penggunaan bahan kimia di dalamnya diharapkan harus dipilih dengan teliti dan tepat agar tidak menimbulkan bahaya baru bagi lingkungan sekitar.

Itulah tadi ketiga jenis proses disinfeksi yang umum dilakukan oleh jasa semprot disinfektan. Anda bisa saja mengingatkan kepada teknisi untuk tidak melewatkan barang-barang tersebut karena memiliki indikasi pencemaran mikroorganisme paling tinggi.